Empat Cara Agar Siswa Sekolah Dasar Tertarik dengan Sains

Mungkin sulit untuk melibatkan siswa dalam kegiatan sains, meskipun pelajarannya sangat menarik. Sebagai Spesialis Teknologi Pendidikan di Vernier Software & Technology, saya sering menerima panggilan telepon dan pertanyaan dari guru sekolah dasar yang mencari cara untuk melibatkan siswa mereka dengan eksperimen sains langsung. Guru ditugasi mengajar berbagai mata pelajaran, dan sebagai hasilnya, banyak yang mendapati diri mereka mengajar sains meskipun tidak memiliki pengalaman untuk menggambarkan konsep yang rumit dan tampaknya mengintimidasi dengan cara yang efektif dan merangsang. Setelah bertahun-tahun menghadiri dan menyelenggarakan lokakarya dengan guru dari semua tingkatan, dan menjadi mantan guru sains, saya tahu ini menjadi tantangan yang sangat signifikan bagi guru.

Pertama dan utama, ketika membuat siswa bersemangat tentang sains, penting untuk memastikan sains ada di tangan. Terkadang guru memiliki semua materi tetapi tidak memiliki pengetahuan untuk menjelaskan sains di balik eksperimen. Beberapa guru kesulitan menemukan waktu untuk menyiapkan penyelidikan yang efektif dan menarik.

Terlepas dari masalah ini, saya memiliki empat metode sederhana yang ingin saya bagikan yang akan membantu Anda membuat siswa Anda benar-benar bersemangat tentang sains sambil menjaga Anda tetap waras.

1. Ajukan pertanyaan untuk melibatkan siswa dan buat mereka tetap tertarik.

Cara terbaik untuk membuat siswa berpikir seperti ilmuwan sungguhan adalah memperlakukan mereka seperti ilmuwan sungguhan. Dengan mengajukan pertanyaan kepada siswa Anda tentang fenomena sains, peristiwa sederhana yang dapat diamati yang mendorong rasa penasaran mereka, dan konsep di baliknya, Anda dapat membangkitkan pengetahuan sebelumnya dan membuat siswa lebih terlibat dalam melakukan pengamatan, prediksi, dan hipotesis. Dengan perhatian penuh mereka, Anda dapat menerapkan pengetahuan mereka sebelumnya ke reaksi / fenomena berbeda yang kurang familiar bagi siswa — memperluas pengetahuan ini ke bidang-bidang baru. Dengan mendorong siswa untuk menggunakan pengetahuan yang ada untuk penemuan baru, Anda membantu membangun minat dan motivasi siswa untuk menemukan jawaban.

2. Belajar bersama siswa Anda.

Perlihatkan kepada siswa Anda kesenangan dari eksperimen sains dengan menunjukkan minat dan keingintahuan Anda sendiri. Anda tidak perlu menjadi ahli untuk belajar bersama siswa Anda, jadi selami! Terlibatlah dengan mengajukan pertanyaan Anda sendiri, ikut serta dalam investigasi, dan terlibat dalam umpan balik interaktif. Ketika siswa melihat bahwa Anda terlibat dalam penyelidikan, keingintahuan mereka meningkat, dan mereka juga ingin terlibat.

3. Hemat waktu dan uang dengan percobaan yang mudah.

Uang bisa sulit didapat di sekolah; eksperimen besar dengan alat yang rumit dan pengaturan yang rumit seringkali mahal dan tidak praktis, menjadikannya tidak praktis untuk ruang kelas. Salah satu cara untuk meringankan beban ini adalah menyederhanakan daftar investigasi Anda dan alat yang digunakan untuk melakukannya. Alih-alih berurusan dengan peralatan yang mahal dan sulit, berinvestasi dalam produk yang hemat biaya, tahan lama, mudah diatur, dan dirancang dengan mempertimbangkan siswa. Temukan alat yang bekerja dengan teknologi yang sudah Anda miliki di kelas Anda.

4. Jadikan sebagai acara extra kurikuler.

Tunjukkan kepada siswa bahwa sains ada dalam semua aspek kehidupan mereka dengan tumpang tindih mata pelajaran sekolah lainnya dalam diskusi dan penyelidikan. Integrasikan menulis dengan meminta mereka menulis hipotesis mereka atau menerapkan keterampilan matematika dengan menentukan perubahan suhu menggunakan aritmatika dasar. Siswa bahkan dapat menjelajahi sejarah di balik konsep sains yang berbeda. Apapun subjek yang Anda pilih untuk disilangkan, bersenang-senanglah dengannya dan gunakan kreativitas Anda! Pendekatan extra kurikuler ini bukan hanya cara yang ampuh untuk menekankan hubungan di antara mata pelajaran, tetapi juga menarik bagi siswa untuk lebih memahami sains dalam kapasitas dunia nyata.

Dengan empat metode diatas Anda akan melihat lebih banyak keterlibatan dari siswa Anda terlepas dari pengalaman Anda sebelumnya mengajar sains. Dengan mengajukan pertanyaan, belajar bersama siswa-siswa Anda, berinvestasi dalam produk-produk yang membantu Anda menghemat waktu dan uang, dan melakukan eksperimen yang dapat memasukkan bidang subjek lainnya, Anda pasti akan membuat siswa Anda bersemangat tentang sains.

Di Vernier, kami berusaha untuk melengkapi para guru tidak hanya mengajarkan sains tetapi untuk mengajarkannya dengan cara yang paling menarik. Teknologi praktik kami yang dirancang dengan cermat membantu guru sekolah dasar memperkenalkan pelajar muda ke dalam sains. Siswa bersenang-senang sementara para guru membantu mempersiapkan siswa untuk memenuhi Standar Sains Generasi Berikutnya dan standar negara melalui pelajaran dan eksperimen yang mendukung pembelajaran tiga dimensi. Pelajari lebih lanjut tentang Vernier dan bagaimana teknologi pengumpulan data kami menghadirkan untuk semua umur.

by Nüsret Hisim