Desain Biosafety Cabinet

Setiap pekerjaan memiliki bahaya sendiri, yang sebagian besar disebabkan oleh bagaimana manusia berinteraksi dengan lingkungan kerja kita. Ilmu laboratorium tidak terkecuali; namun, banyak karyawan tidak mengaitkan potensi bahaya dan cedera dengan tata letak dan konfigurasi pusat kerja mereka.

Faktor lingkungan Manusia, lebih dikenal sebagai Ergonomi, adalah pendekatan multidisiplin untuk memahami cara manusia berinteraksi secara fisik dengan lingkungannya. Penelitian dalam bidang ini berupaya meningkatkan bagaimana sistem lebih efisien, lebih aman dan berintegrasi dengan manusia.

Risiko Biosafety Cabinet (BSC)

Alat dan prosedur yang digunakan dalam upaya mikrobiologi untuk menempatkan peneliti di dunia yang sangat kecil. Menyeimbangkan kenyamanan dengan kebutuhan akan ketelitian yang tinggi adalah tantangan utama saat merancang peralatan untuk pekerjaan laboratorium mikrobiologi. Ketika melakukan kegiatan yang memerlukan biosafety cabinet, seperti pemipaan dan mikroskop yang melibatkan biohazard, risiko ergonomis diperparah.

Ada juga risiko intrinsik yang terkait dengan penggunaan biosafety cabinet (BSC). Secara kumulatif, risiko umum yang menyertai pekerjaan ini meliputi:

  • Postur Kerja Buruk – Kepala ditekuk ke depan untuk waktu yang lama, mengangkat dan / atau mengulurkan tangan, postur seperti itu dilakukan untuk jangka waktu lama.
  • Risiko Gangguan Tungkai Atas – Tindakan berulang, postur pergelangan tangan / lengan canggung, tindakan tegas (termasuk grip mencubit).
  • Lingkungan – Kendala ruang, suhu pencahayaan, getaran, dll.
  • Beban – Bekerja dengan benda tajam, panas, dingin atau beracun / berbahaya.
  • Faktor-Faktor Lain – Peralatan pelindung personel yang mungkin membuat pekerjaan lebih melelahkan.
  • Kelelahan – Akumulasi berbagai faktor risiko yang tercantum di atas.

Standar Desain BSC

Biosafety Cabinet harus dirancang, diuji, dan didaftarkan pada standar kinerja yang disetujui seperti NSF / ANSI Foundation 49 Standar Nasional AS atau standar Uni Eropa EN 12469. Standar dan daftar produk ini memastikan bahwa BSC menyediakan lingkungan aman dasar untuk bekerja dengan biohazard, asalkan kabinet beroperasi dengan benar. Faktor desain BSC dalam kenyamanan penggunaan (fitur) menentukan cara kerja operator, sehingga secara langsung memengaruhi produktivitas dan keamanannya. “Merancang tugas, peralatan, dan tempat kerja yang sesuai dengan pengguna dapat mengurangi kesalahan manusia, kecelakaan dan kesehatan yang buruk. Kegagalan untuk memenuhi prinsip-prinsip ergonomi dapat memiliki konsekuensi serius bagi individu dan seluruh organisasi. Penggunaan ergonomi yang efektif akan membuat pekerjaan lebih aman, lebih sehat, dan lebih produktif ”(HSE).

Standar keamanan belum ditetapkan dalam persyaratan untuk faktor manusia dan spesifikasi kenyamanan pengguna. Didorong oleh persaingan, produsen telah membuat kemajuan besar dengan produk-produk teknik untuk meningkatkan keamanan melalui peningkatan kenyamanan. Fitur-fitur desain ini harus dievaluasi oleh peneliti, teknisi dan petugas keselamatan. Sangatlah penting bagi para pengguna ini untuk sepenuhnya mengevaluasi suatu produk untuk semua fitur keselamatan, ergonomis, dan kenyamanan, karena ada perbedaan besar antara cara masing-masing produsen dalam mendesain BSC dan rekayasa ergonomis.

By Brian Garrett, LEED Green Associate, Product Manager